Soal Psikotes TPA (Tes Potensi Akademik)

Tes Potensi Akademik (TPA) adalah serangkaian tes yang bertujuan mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan atau akademis. TPA biasanya juga digunakan dalam proses seleksi karyawan atau pegawai di suatu instansi perusahaan. Bahkan dalam seleksi CPNS juga menggunakan tes TPA. Tes TPA sendiri dibuat sesuai dengan kebutuhan dan tingkat lembaga yang menggunakan tes ini. Misalnya untuk tingkat mahasiswa dan tingkat pegawai tentu saja level soalnya berbeda. Namun secara umum, jenis atau ragam soal tes TPA ini sama.

Soal Psikotes TPA (Tes Potensi Akademik)

Adapun ragam dari soal tes potensi akademik (TPA) ini adalah terdiri dari:
  • Tes verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata.
  • Tes angka (numerik) berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita.
  • Tes logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.
  • Tes spasial (gambar) digunakan untuk mengukur daya logika ruang, meliputi tes padanan hubungan gambar dan tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar. 

Contoh Soal  Tes Potensi Akademik


Untuk melihat contoh soal masing-masing tes TPA ini silahkan klik link berikut ini:

1. Contoh Soal Psikotes Analogi Verbal
2. Contoh Soal Psikotes Numerik
3. Contoh Soal Psikotes Logika
4. Contoh Soal Psikotes Spasial

Demikianlah Contoh Soal Tes Potensi Akademik (TPA) kiranya artikel ini dapat membantu Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar